April 28, 2009

Sepanjang 2009, Operasional Kapal Asing di Belawan Menurun


Sepanjang 2009, Operasional Kapal Asing di Belawan Menurun


MedanBisnis – Belawan
Pemberdayaan kapal asing untuk mengangkut muatan dalam negeri melalui Pelabuhan Belawan tampaknya semakin menciut. Kalau sebelumnya jumlah kapal asing yang dimanfaatkan mengangkut muatan lokal rata-rata 13,7 unit per bulan, maka sejak awal 2009 anjlok menjadi hanya tiga unit per bulan.
Berdasarkan data yang diperoleh MedanBisnis dari Pelindo I Cabang Belawan, selama Januari – Februari 2009 jumlah kapal asing yang melayani angkutan dalam negeri melalui Pelabuhan Belawan sebanyak enam unit. Sementara periode serupa tahun 2008 jumlahnya mencapai 16 unit. Itu berarti anjlok sekitar 62,5%.
Dari data itu juga disebutkan selama tahun 2008 jumlah kapal asing yang melayani pelayaran dalam negeri melalui pelabuhan terkemuka di luar Pulau Jawa itu sebanyak 165 unit atau rata-rata 13,7 unit per bulan. Sedangkan Januari-Februari tahun 2009 jumlahnya hanya 6 unit atau rata-rata 3 unit per bulan.
Di tahun ini jumlah kapal asing yang melayani trayek lokal tercatat sebanyak 165 unit, sementara tahun 2007 jumlahnya 449 unit atau turun sekitar 63,25%. Sekadar diketahui, pada 2010 seluruh angkutan laut yang melayani angkutan lokal diwajibkan kapal berbendera Indonesia. Artinya, kapal asing tidak diperbolehkan lagi untuk melayani angkutan dalam negeri. Selain itu barang impor yang didanai pemerintah juga diwajibkan menggunakan angkutan nasional.
Kasubdit Angkutan Luar Negeri Ditjen Perhubungan Laut Adolf R Tambunan mengatakan hal itu saat menjadi pembicara pada workshop ‘Terms of Trade’ di Medan belum lama ini. Menurutnya, hal itu sudah ada pada roadmap pemberdayaan industri pelayaran nasional sesuai Inpres Nomor 5 Tahun 2005.
Sebelumnya, armada kapal asing masih merajai pelayaran lokal terutama internasional melalui Pelabuhan Belawan. Angkutan bahan bakar minyak (BBM) dari Dumai, Tanjung Uban dan Sambu ke Pelabuhan Belawan masih didominasi kapal tanker berbendera asing seperti Panama, Malaysia dan Singapura.
Sementara angkutan beras impor milik Bulog dari Vietnam sebelumnya masih didominasi kapal-kapal kargo berbendera Vietnam. Kapal Indonesia tak pernah dimanfaatkan. Oleh :
*wismar simanjuntak

Medan Bisnis Online,
13 April 2009

http://www.medanbisnisonline.com/2009/04/13/sepanjang-2009-operasional-kapal-asing-di-belawan-menurun/


No comments:

Post a Comment