April 27, 2009

Kredit Perkapalan Bank Mandiri Tumbuh 54%


Kredit Perkapalan Bank Mandiri Tumbuh 54%

JAKARTA
- Pertumbuhan kredit di sektor perkapalan PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) hingga awal tahun ini, mampu tumbuh 54 persen dari dua persen total kredit perbankan sebesar Rp1.300 triliun.


Meskipun demikian, angka ini belum maksimal. Tetapi, kedepannya industri ini memiliki prospek yang bagus khususnya disektor transportasi di Indonesia.


"Penyaluran kredit kita untuk ditahun ini, sudah 54 persen. Kendati pun, ini angka yang kecil, tapi kedepannya akan kita tingkatkan melihat potensi yang besar nantinya," ungkap Direktur Corporate BMRI Riswinandi, dalam diskusi Peluang Pembiayaan Industri Pelayaran di Indonesia, di Gedung BI, Jakarta, Rabu (15/4/2009).

Menurutnya, kedepannya perbankan akan lebih terbuka untuk menyalurkan kredit disektor ini, mengingat potensi yang ada sangat besar. Hanya saja, pembiayaan kapal ini, perbankan harus lebih mengenal lebih dekat lagi, dalam pola bisnis yang dilakukan oleh industri tersebut.

Tidak hanya itu, perbankan harus memiliki willingness dan cast flow pengembaliannya. Dikatakannya, untuk pembiayaan jangka panjang sendiri di sektor ini, perbankan harus berhati-hati, dengan mencocokkan industri perkapalan. Pasalnya, hal yang perlu diperhatikan dalam industri perkapalan adalah konsen akan risiko, pengembalian dana pinjaman, dan suku bunga.


Dia pun menegaskan, tidak bisa dipungkiri, sejauh ini penyaluran kredit perbankan, lebih banyak digunakan dalam kurun waktu jangka pendek, dibandingkan dengan jangka panjang.


Karena ini, tambahnya, adalah permainan treasury yang harus dikelola perbankan dengan baik, agar pembiayaan dapat berjalan dengan baik.


Menurutnya, peranan perbankan, terhadap industri perkapalan tidak hanya sebatas pemberian kredit, tetapi jug bisa membantu dalam cast manajemen system cabotage, dan bisa juga membantu dalam treat finance services. (rhs)


Okezone.com, 15 April 2009


http://economy.okezone.com/index.php/ReadStory/2009/04/15/277/210824/kredit-perkapalan-bank-mandiri-tumbuh-54



No comments:

Post a Comment