May 15, 2009

PLN Selesaikan Akuisisi Bahtera Adiguna di 2009


PLN Selesaikan Akuisisi Bahtera Adiguna di 2009


Jakarta - Setelah tertunda tahun lalu, PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) bertekad menyelesaikan akuisisi BUMN perkapalan PT Bahtera Adiguna tahun ini. PLN juga sudah memberikan dana talangan ke Bahtera Adiguna.

"Tahun ini akuisisi harus sudah selesai," kata Direktur Utama PLN Fahmi Mochtar usai rapat kerja bersama Komisi VI DPR di Gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (13/5/2009) malam.

Menurut Fahmi, PLN sudah mendapatkan kewenangan dari Menneg BUMN untuk melakukan akuisisi itu. "Dan itu sudah kita lakukan nilainya kalau mau dijadikan referensi waktu penilaian PWC mendekati Rp 70 miliar tapi itu harus ulang lagi soal penilaian," ujar Fahmi.

Dia juga menjelaskan, sekarang PLN baru bisa memberikan dana talangan sekitar Rp 30 miliar agar Bahtera Adiguna bisa beroperasi. Dana talangan itu berasal dari internal PLN.

Jika PLN sudah merampungkan akuisisi ini, menurut Fahmi akan berdampak sangat besar bagi perusahaan karena PLN banyak membutuhkan angkutan logistik antara lain batubara.

"Selama ini kami menggunakan angkutan lain, PLN sendiri sudah punya angkutan anak perusahaan batubara. Jadi kalau ini dikawinkan PLN punya anak perusahaan batubara dan punya armada angkutan batubara berarti lock circle
dengan jaminan pasokan jadi terpenuhi," tuturnya.

Mengenai kontrak pengangkutan batubara dengan PT Arpeni Pratama Ocean Line Tbk (APOL), menurut Fahmi itu hanya satu lokasi saja.

"Lokasi lain kan masih banyak belum lagi pengangkutan untuk proyek 10 ribu MW tahap dua," katanya.

Diakui Fahmi untuk saat ini jumlah armada Bahtera Adiguna masih sedikit. "Tapi kita akan berusaha karena tergantung pasar PLN sendiri. Intinya mengamankan pasokan batubara untuk PLN sekaligus mengamankan BUMN yang hampir game (mati)," katanya.

Sementara Menneg BUMN Sofyan Djalil mengaku tidak masalah atas akuisisi PLN terhadap Bahtera Adiguna. "Tidak ada masalah PLN membutuhkan untuk pengangkutan batubara supaya tidak tergantung pihak ketiga," katanya.

Menurut Sofyan proses akuisisi itu sedang dalam proses. "Sekarang sedang proses sudah mereka (PLN) kasih pinjam uang merestrukturisasi perusahaan itu," katanya.
(ir/ir)

Angga Aliya ZRF - detikFinance

Detik Finance, 14 Mei 2009

http://www.detikfinance.com/read/2009/05/14/095617/1131213/4/pln-selesaikan-akuisisi-bahtera-adiguna-di-2009


No comments:

Post a Comment