May 15, 2009

PLN Kaji Ulang Penilaian Akuisisi BAG


PLN Kaji Ulang Penilaian Akuisisi BAG

Jakarta - PT PLN (Persero) akan mengulang proses penilaian akuisisi BUMN angkutan batubara Bahtera Adhiguna (BAG). Hal ini dilakukan untuk menyesuaikan dengan kemampuan PLN dalam menyediakan dana.

Menurut Dirut PLN Fahmi Mochtar, berdasarkan penilaian PricewaterCooper sebelumnya, nilai akuisisi BAG mencapai sekitar Rp 70 miliar. Namun hingga kini PLN baru bisa menyediakan dana talangan sebesar Rp 30 miliar.

"Nilainya kalau mau dijadikan referensi waktu penilaian PWC mendekati Rp 70 miliar. Tapi itu harus kita ulang lagi soal penilaian, sekarang kami baru bisa memberikan dana talangan sekitar Rp 30 miliar, untuk supaya dia bisa beroperasi. Dana talangan itu dari internal," katanya di sela-sela rapat dengan Komisi VI di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (13/5/2009) malam.

Menurut Fahmi, akuisisi BAG ini akan berdampak besar pada PLN karena PLN sangat membutuhkan angkutan logistik, antara lain batubara. Selama ini PLN masih menggunakan jasa angkutan dari perusahaan lain meski sudah memiliki anak perusahaan angkutan batubara.

"Jadi kalau ini dikawinkan PLN punya anak perusahan batubara dan punya armada angkutan batubara. Berarti lock circle dengan jaminan pasokan jadi terpenuhi. Tahun ini diharapakan akuisisi selesai. Intinya mengamankan pasokan batubara untuk PLN sekaligus mengamankan BUMN yang hampir game (mati)," katanya.

Sementara Menneg BUMN Sofyan Djalil menjelaskan, akuisisi ini diperlukan agar angkutan batubara PLN bisa terjamin.

"Tidak ada masalah, PLN membutuhkan untuk pengangkutan batubara supaya tidak tergantung pihak ketiga. Sekarang sedang proses, sudah mereka kasih pinjam uang untuk merestrukturisasi perusahaan," katanya. (ang/qom)

Angga Aliya ZRF - detikFinance

Detik Finance, 14 Mei 2009

http://www.detikfinance.com/read/2009/05/14/074814/1131133/4/pln-kaji-ulang-penilaian-akuisisi-bag

No comments:

Post a Comment