July 10, 2009

Dephub didesak cari solusi polemik harga BBM feri


Dephub didesak cari solusi polemik harga BBM feri

JAKARTA: Operator angkutan penyeberangan mendesak Departemen Perhubungan segera mencarikan solusi yang tepat atas polemik antara operator kapal feri dan PT Pertamina mengenai selisih harga keekonomian bahan bakar minyak (BBM).

Kelambanan Dephub dalam menyikapi polemik tersebut dikhawatirkan menimbulkan ketidakpastian berusaha dan meresahkan operator penyeberangan.

Demikian salah satu kesimpulan dari rapat pleno diperluas yang digelar Dewan Pengurus Pusat Gabungan Pengusaha Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (DPP Gapasdap) kemarin.

Rapat dihadiri Ketua DPP Gapasdap Syarifuddin Mallarangan, Sekjen Luthfi Syarif, Ketua Bidang Angkutan Penyeberangan Sonni Matovani, Kepala Litbang Nugroho Basuki, Ketua DPC Merak Togar Napitupulu, dan sejumlah pengurus DPC Gapasdap Merak.

Syarifuddin mengatakan Dephub harus segera mencarikan solusi atas polemik tersebut guna memberikan kepastian bagi operator penyeberangan.

Rapat pleno itu memutuskan operator tetap menolak membayar kekurangan harga keekonomian atas pemakaian BBM yang ditagih oleh Pertamina beberapa waktu lalu.

Operator beralasan BBM angkutan penyeberangan, baik untuk kegiatan operasional port to port (antarpelabuhan), perawatan, maupun operasional kapal dari dan ke lokasi perawatan (docking), dihitung berdasarkan harga subsidi sesuai dengan KM Perhubungan No. 58/2003.

Sudah koordinasi

Kepala Pusat Komunikasi Publik Departemen Perhubungan Bambang S. Ervan mengatakan departemennya sudah melakukan koordinasi dengan Pertamina dan Kantor Meneg BUMN terkait dengan persoalan itu.

Menurut dia, pihaknya sudah mendengar penjelasan dari Pertamina mengenai adanya tagihan kekurangan harga keekonomian atas pemakaian BBM oleh operator angkutan penyeberangan berdasarkan hasil audit BPK.

Dia menjelaskan departemennya tengah mencari jadwal yang tepat untuk mempertemukan pihak Pertamina, BPK dan operator angkutan penyeberangan sekaligus mengakhiri polemik itu.

Oleh Tularji
Bisnis Indonesia, 07 Juli 2009

http://www.bisnis.com/servlet/page?_pageid=127&_dad=portal30&_schema=PORTAL30&vnw_lang_id=2&ptopik=A17&cdate=07-JUL-2009&inw_id=683148

No comments:

Post a Comment