September 15, 2009

NTB Minta Pelayaran Lombok-Jawa Diaktifkan


NTB Minta Pelayaran Lombok-Jawa Diaktifkan


Mataram [Sasak.Org] Gubernur Nusa Tenggara Barat Muhammad Zainul Majdi mengusulkan agar rute penyebrangan laut Lembar, Mataram - Tanjung Perak, Surabaya, diaktifkan.

Menurut dia, rute penyebrangan Lembar-Tanjung Perak itu dapat berdampak pada peningkatan perekonomian NTB. "Rute Lembar-Tanjung Perak itu dulu pernah ada," kata Zainul Majdi dihadapan Menteri Perhubungan Jusman Syafi'i Djamal di Mataram, Minggu 5 September 2009.

Dia menambahkan, saat ini mobilitas penyebrangan hanya bisa melalui Denpasar, Bali, sehingga akses perdagangan menuju pulau Jawa terhambat. Selain itu dengan diaktifkannya rute penyebrangan Lembar - Tanjung Perak diharapkan dapat menghemat biaya.

Zainul juga mengusulkan agar armada kapal yang melayani rute Jawa - Madura dapat dipindahkan untuk melayani penyebrangan Lembar - Tanjung Perak tersebut. Apalagi lanjut Zainul banyak armada kapal yang fungsinya tidak optimal menyusul pengoperasian jembatan Suramadu.

Menanggapi hal itu Menteri Perhubungan Djusman Syafi'i Djamal menyatakan akan berkoordinasi dengan PT Pelni untuk membuka jalur penyebrangan laut Lembar - Tanjung Perak.

Menhub menegaskan pengoperasian armada kapal Jawa-Madura tidak dapat dipindahkan karena kapasitas kapal tidak sesuai dengan rute tersebut. "Perlu persiapan lebih matang dan koordinasi,kalau untuk rute Lembar-Tanjung Perak itu butuh kapal yang besar dan tidak bisa menggunakan kapal seperti yang melayani Surabaya-Madura," kata Djusman di hadapan peseta koordinasi persiapan arus mudik.

Menteri Perhubungan Djusman Syafi'i Djamal berada di NTB untuk memeriksa persiapan angkutan lebaran di Bali dan NTB. Pemudik pada Lebaran tahun ini di Indonesia mencapai 16.248 ribu orang atau meningkat 6,11 persen dari tahun lalu yang mencapai 15.312 ribu orang. hadi.suprapto@vivanews.com.

Laporan: Edy Gustan l Mataram

• VIVAnews

Sasak.org, 06 September 2009

http://www.sasak.org/berita/ekonomi/1223-ntb-minta-pelayaran-lombok-jawa-diaktifkan.html

No comments:

Post a Comment