September 8, 2009

Jalur Pelayaran di Pulau Jawa Cukup Kondusif


Jalur Pelayaran di Pulau Jawa Cukup Kondusif

Kapanlagi.com - Jalur pelayaran di perairan utara dan selatan Pulau Jawa dalam dua hari ini dinyatakan cukup kondusif.

Kepala Seksi Observasi dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Maritim Tanjung Perak Muhammad Effendi, di Surabaya, Selasa (1/9), menyebutkan, ketinggian gelombang Laut Jawa pada tanggal 1-2 September 2009 berkisar 0,8-2,5 meter.

Sementara itu, ketinggian gelombang di Perairan Bawean (1,5-2,5 meter), Perairan Kepulauan Kangean (0,8-2,0 meter), Selat Bali (0,3-2,5 meter), dan Selat Madura (0,3-1,3 meter), sedangkan ketinggian gelombang di Samudra Hindia, tepatnya di sebelah selatan Pulau Jawa mencapai 2,0-3,0 meter.

Demikian halnya dengan jalur penerbangan, selama dua hari ini cukup kondusif.

Prakirawan BMKG Juanda Agus Tri Suhono, mengatakan, tidak ada perubahan kondisi cuaca yang terlalu signifikan yang memengaruhi aktivitas penerbangan.

"Hal ini juga terjadi di daerah-daerah lain di Indonesia, kecuali Sumatera Barat, Papua, dan Kalimantan Barat karena terdapat awan yang diperkirakan dapat sedikit mengganggu aktivitas penerbangan," katanya.

Cuaca wilayah Jatim berdasarkan analisis medan angin dan pantauan data citra satelit pada umumnya berawan. Angin diperkirakan akan bertiup dari arah timur laut-tenggara dengan kecepatan 08-35 kilometer per jam dengan suhu udara berkisar 15-35 derajat Celcius.

Ia menyebutkan, di Madiun, Pacitan, Sumenep, Bawean, Nganjuk, dan Jember cuaca cerah, sedangkan di Malang, Pasuruan, Blitar dan Banyuwangi cuaca berawan.

Sementara cuaca di Surabaya dan sekitarnya cerah berawan, angin bertiup dari arah timur-tenggara, suhu udara berkisar antara 23-34 derajat Celcius dengan kelembaban 41-90%.

Jarak pandang 4-10 kilometer, matahari diperkirakan akan terbit pukul 05.29 WIB dan terbenam pukul 17.28 WIB.

Air laut pasang pada hari Selasa maksimum mencapai ketinggian 80 centimeter yang diperkirakan terjadi pada pukul 08.00 WIB. Air laut baru akan surut hingga 110 centimeter yang akan terjadi pada pukul 16.00 WIB.

Pada hari Rabu (2/9) air laut pasang maksimum terjadi pada pukul 09.00 WIB dengan ketinggian 60 centimeter dan baru surut pada pukul 16.00 WIB mencapai 110 centimeter. (kpl/meg)

Kapanlagi.com. 01 September 2009

http://www.kapanlagi.com/h/jalur-pelayaran-di-pulau-jawa-cukup-kondusif.html

No comments:

Post a Comment