September 16, 2009


Kalla Minta BUMN Perhatikan Pelayaran Rakyat

JAKARTA. Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta BUMN dan perusahaan swasta memperbayak menggunakan jasa angkutan pelayaran rakyat (Pelra) untuk daerah-daerah tertentu, khususnya daerah terpencil yang tidak terjangkau perusahaan pelayaran modern.

“Saya sudah kumpulkan perusahaan BUMN agar memerhatikan nasib pelayaran rakyat,” katanya saat membuka Musyawarah Nasional Asosiasi Pelra ke 11 di Istana Wapres, Selasa (9/6).

Kalla menyadari peranan pelra sangat penting untuk menggerakan perekonomian. Fungsi Pelra pun sulit digantikan dalam sistem perdagangan internasional maupun domestik. “Pelra harus dapat perhatian sehingga dapat merevitalisasi diri,” katanya.

Di hadapan peserta Munas, Kalla menegaskan agar para perusahaan Pelra harus memperbarui peralatan dan sistem kerja, serta pelayanan mereka sesuai dengan perkembangan teknologi. Jangan hanya mengadandalkan uluran tangan pemerintah. “Jangan hanya mengeluh. Harus bisa cari solusi untuk bersaing dengan pelayaran modern,” katanya.

Nasib Pelra yang kian terhimpit, dinilai Kalla,sebagai dampak dari perkembangan zaman dan teknologi. Selain itu, volume perdagangan melalui transportasi laut juga terus meningkat setiap tahun. Otomatis, dibutuhkan kapal-kapal besar yang dapat mengangkut barang dalam jumlah
banyak. Tak pelak, Pelra kian terpinggirkan. Oleh : Yohan Rubiyantoro

Kontan Online, 09 Juni 2009

http://www.kontan.co.id/index.php/nasional/news/15347/Kalla_Minta_BUMN_Perhatikan_Pelayaran_Rakyat

No comments:

Post a Comment