September 15, 2009

Menhub Minta Pelayaran Rakyat Disiplin


Menhub Minta Pelayaran Rakyat Disiplin


VIVAnews - Menteri Perhubungan Djusman Sjafii Djamal meminta pelayaran rakyat untuk disiplin dan patuh pada administrator pelabuhan saat mudik Lebaran 2009.

"Biasanya nahkoda pelayaran rakyat lebih berani daripada pelabuhan umum. Dalam kondisi apapun main berangkat saja," kata Djusman saat Rapat Koordinasi Persiapan Lebaran 2009 di kantornya, Jumat 11 September 2009.

Menurutnya, sebanyak 1.500 unit kapal pelayaran rakyat siap mengangkut pemudik. "Saya minta mereka selalu mengkoordinasikan kelayakan kapal dan patuh pada administrator pelabuhan dan syah bandar," ujarnya.

Djusman juga meminta agar organisasi pelabuhan rakyat bisa bekerjasama dengan pemerintah untuk memperlancar arus penumpang.

Selain itu, Djusman meminta agar BMG setiap hari menginformasikan prediksi cuaca, terutama untuk pelayaran. "Cuaca buruk akibat asap di beberapa daerah agar dikomunikasikan dan disebarluaskan," ujarnya.

Sementara itu, kesuksesan arus mudik melalui darat menurutnya bertumpu pada sinergi bersama yang ujung tombaknya di Kepolisian dalam manajemen lalu lintas dan Operasi Ketupat Lebaran 2009. "Itu karena sarana dan prasarana kita posisinya suplai melebihi demand," ujarnya.

Pemudik roda dua akan diatur dalam sistim berkelompok dan Kepolisian akan melakukan mekanisme buka tutup jalan untuk memperlancar arus di daerah potensi kemacetan.

Sedangkan di daerah rawan longsor, pihaknya sudah meminta Menteri Pekerjaan Umum untuk menempatkan beberapa alat berat pada daerah yang berpotensi longsor.

"Untuk keluhan Organda yang banyak terjadi pungli, baik oleh Dinas Perhubungan maupun aparat lainnya, saya minta untuk segera melaporkan ke Kepolisian agar bisa dilakukan tindakan," kata dia.

Plt. Menteri Perekonomian Sri Mulyani menambahkan persiapan kali ini akan cukup berat mengingat permintaan Presiden SBY yang menghendaki kelancaran Lebaran tahun ini harus lebih baik dari tahun lalu. "Lebih berat karena tahun lalu sudah cukup baik untuk melayani pemudik," kata dia di kesempatan yang sama.

Sri Mulyani menekankan pemerintah berkonsentrasi pada 10 provinsi yang terpusat dengan kegiatan cukup tinggi. Selain mengerahkan Menteri Perhubungan, Menteri Pekerjaan Umum, Menteri Kesehatan, Menteri Perdagangan, Menteri Pertanian, Menteri ESDM, Menteri Dalam Negeri, Menteri Komunikasi dan Informasi, dalam persiapan lebaran juga melibatkan secara aktif pihak Kepolisian RI dan Panglima TNI, serta BMG, YLKI, Pelayaran Rakyat, Organda, dan BUMN-BUMN yang bersinggungan. (Oleh : Ita Lismawati F. Malau, Elly Setyo Rini)

VIVAnews, 12 September 2009

http://nasional.vivanews.com/news/read/89795-menhub_minta_pelayaran_rakyat_disiplin

No comments:

Post a Comment