August 12, 2009

Asap Pekat, Pelayaran Terhambat

Asap Pekat, Pelayaran Terhambat

PALANGKARAYA, SENIN - Pekatnya asap ditambah surutnya Sungai Kahayan mengakibatkan pelayaran angkutan penumpang dan barang dari Palangkaraya ke Danau Panggang, Kalimantan Selatan dan ke Bahaur Pulang Pisau serta Gunung Mas di Kalimantan Tengah terhambat.

"Banyak motoris kapal yang pulang kampung, terutama ke Banjar," kata Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Kota Palangkaraya Manuel N melalui Kepala Lalu Lintas Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan Pelabuhan Rambang Budiono Amat di Palangkaraya, Senin (10/8).

Udin, seorang awak kapal dagang, menuturkan, kabut asap pekat menghambat perjalanan hingga empat jam dibanding saat cuaca cerah. Biasanya mereka berangkat dari Bahaur subuh, tapi belakangan memundurkan jadwal keberangkatan hingga pukul 11.00 menunggu tipisnya asap.

Tipisnya asap diperlukan agar awak kapal dapat memilih alur yang masih dalam supaya kapal mereka tidak kandas di gosong. Daya tampung kapal dagang maksimal 30 ton, dengan tarif angkut sekitar Rp 170.000 per ton.(Kompas.com)

Banjarmasin Post, 10 Agustus 2009

http://www.banjarmasinpost.co.id/read/artikel/19158/asap-pekat-pelayaran-terhambat

No comments:

Post a Comment