January 14, 2010

Cuaca Masih Mendukung Pelayaran Ferry Lembar-Padang Bai

Cuaca Masih Mendukung Pelayaran Ferry Lembar-Padang Bai

(Berita Daerah-Bali NusaTenggara) - Kondisi cuaca masih mendukung pelayaran kapal penyeberangan fery dari Lembar Pulau Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB) ke Padangbai Pulau Bali atau sebaliknya.

"Sementara ini cuaca baik dan masih mendukung pelayaran Lembar-Padangbai atau sebaliknya sehingga aktivitas pelayaran tetap berjalan," kata Kepala PT Indonesia Fery Cabang Lembar, Kaimuddin Maliling, ketika dihubungi dari Mataram, Minggu.

Ia mengatakan, Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Selaparang Mataram juga belum menginformasikan adanya perubahan cuaca yang diindikasikan membahayakan pelayaran.

Dengan demikian, pihak berasumsi pusat tekanan rendah yang terpantau foto satelit BMG di belahan bumi selatan berpeluang memicu pembentukan awan dan menyebabkan hujan dengan intensitas ringan hingga sedang, namun tidak memicu gelombang tinggi.

Perkiraan tinggi gelombang masih dalam batasan normal yakni berkisar antara 0,5 hingga 2,5 meter, yang tidak berbahaya bagi aktivitas pelayaran Fery dan kapal-kapal Pelni.

"Kalau ada peringatan BMG, kami segera berkoordinasi dengan pihak Administrator Pelabuhan (Adpel) dan Sah Bandar untuk memutuskan penghentian sementara aktivitas pelayaran," ujarnya. Menurut Maliling, kini aktivitas kapal penyeberangan dari dan ke pelabuhan Lembar berjalan seperti biasa, meskipun terkadang hujan dan tinggi gelombang laut menunjukkan peningkatan.

Manajemen PT Indonesia Fery (Persero) Cabang Lembar, menyiapkan 18 unit armada untuk melayani pengguna jasa transportasi laut itu.

Aktivitas penyeberangan Lembar-Padangbai yang biasanya dimulai pukul 06.00 Wita hingga tengah malam.

(fb/FB/ant)

beritadaerah.com 11 Januari 2010
http://beritadaerah.com/news.php?pg=berita_bali&id=16678&sub=column&page=1

No comments:

Post a Comment